Fasilitas Kampus IPB


Di posting sebelumnya, saya sudah bercerita banyak tentang mata kuliah tahun pertama S1 di IPB. Nah kali ini saya ingin bercerita tentang apa aja sih fasilitas yang ada di IPB yang bisa dimanfaatkan mahasiswa. Jujur dulu saya sewaktu memilih perguruan tinggi ingin yang fasilitasnya lengkap seperti punya lapangan tenis lapang dan dekat dengan objek wisata. Alasannya sih gampang, biar kalau pusing kuliah punya tempat untuk refreshing hehe.

Nah untuk objek wisata sendiri, sebenarnya Bogor baik itu kota maupun kabupaten banyak kok tempat-tempat asik untuk di explorasi. Dari Dramaga sendiri itu ada yang terdekat bukit kapur Ciampea, gunung Salak, CIFOR, Situ Patenggang dan bermacam-macam air terjun. Jika punya waktu lebih kalian bisa main yang lebih jauh seperti ke Jungle Land, pemandian air panas, dan masih banyak lagi. Tapi sampai sekarang saya juga belum banyak mengexplorasi dikarenakan jadwal kuliah yang selalu padat hikss.

Balik lagi dengan cerita kita tentang fasilitas apa aja yang ada di IPB. IPB yang saya maksud adalah IPB kampus Dramaga. Berikut saya list
1.      Asrama Putra dan Putri TPB
Nah asrama ini dikhususkan untuk mahasiswa baru IPB. Jadi kalian diwajibkan tinggal di asrama selama 1 tahun. Ya seperti tinggal di asrama seperti pada umumnya kalian harus berbagi kamar dengan mahasiswa lain. Tapi asrama ini seru banget. Kalian bisa kenal dengan banyak orang dari berbagai macam daerah. Malah nanti ketika keluar asrama banyak yang mencari kos-kosan atau kontrakan bareng teman kamar asramanya lagi.
Asrama ini juga menjadi alasan mengapa IPB tiap tahunnya cuma menerima mahasiswa dalam jumlah sedikit. Karena mahasiswa yang diterima sesuai dengan kapasitas kamar asrama yang ada. Sampai saat ini sudah ada 6 asrama putri dan 4 asrama putra. Malah sekarang lagi pembangun satu lagi asrama putri. Gak heran kan kalau mahasiswa IPB lebih banyak wanita dibandingkan pria. Wong asramanya saja banyakan putri hehe.
Oh iya ada juga mahasiswa yang tidak ingin tinggal di asrama. Mereka malah memilih kos-kosan. Sebenarnya sih sampai sekarang tidak terlalu ditindak tegas. Memang nantinya mereka akan dikenai hukuman akhir tahun seperti membersihkan asrama karena mereka yang tidak tinggal di asrama IP Asramanya akan D. FYI kita akan dapat IP Asrama di akhir tahun. Nilai IP Asrama ini ditentukan dari keikutsertaan kita dalam kegiatan-kegiatan asrama. Menurut saya sih rugi aja mereka yang tidak tinggal di asrama. Di asrama itu ada kegaitan kumpul-kumpul lorong, kumpul gedung, apel pagi, welcome dan farewell party. Nah asrama ini juga menerapkan jam malam. Biasanya sih jam 21.00 WIB. Lebih dari itu pagar asrama akan ditutup dan kalian tidak akan bisa tidur di kamar untuk malam itu. Tujuannya sih baik untuk menjaga kita dari gangguan kejahatan. Tapi jujur sih saya kadang-kadang agak mudeng sama jam mala mini. Soalnya kan kita ada organisasi dan kepentingan lain yang gak bisa selesai walau sudah pukul 9 malam. Tapi ya disitu serunya, kalian akan sering kena jam malam. Saya juga kok hehe. So jangan takut wkwk.

2.      Shelter Sepeda
Nah di spot-spot utama di sudut kampus IPB terdapat sepeda yang bisa kita manfaatkan berkeliling kampus atau kemanapun kita ingin pergi di seputar kampus. Sepeda ini berguna banget apalagi untuk mahasiswa baru yang belum diperbolehkan membawa kendaraan pribadi. Apalagi sepeda ini gratis! Cuma pergi kasih jaminan KTM atau KTP kalian sudah bisa meminjamnya.

3.      Mobil Listrik dan Bus
Ini juga sarana transportasi yang ada di IPB. Sayangnya sarana transportasi ini harus bayar jika menaikinya. Tapi ini berguna banget untuk kalian yang ruang kuliahnya jauh. FYI IPB itu luas banget. Dari pada kalian naik ojek yang harganya gak kenal hati mending naik mobil listrik dan bus. Harganya sih kemarin baru Rp1,- karena masih percobaan, tapi sekarang mungkin sudah Rp2.000,- sampai Rp3.000,-

4.      Perpustakaan (LSI)
Nah ini gudangnya buku IPB. LSI terdiri dari 4 lantai dengan lantai paling atas digunakan sebagai cyber internet mahasiswa. Ini sih perpustakaan pusat. Memang tidak semua buku tersedia di sini. Biasanya hanya ada buku-buku secara umum. Untuk buku khusus biasanya ada di perpustakaan departemen masing-masing. Tapi jangan salah lo, di LSI ini ada rak khusus novel dan semua novelnya ternama dan best seller. Terbaik pokoknya! Selain itu di dalam LSI juga ada BI corner dan SNI corner.

5.      Tempat Olahraga
Nah IPB punya Gymnasium sebagai tempat olahraga kebanggaan. Gymnasium ini luas banget. Di dalamnya terdapat 2 lapangan basket yang bisa diubah juga menjadi lapangan futsal. Bangku tribunnya luas. Di belakang gymnasium ada lapangan sepak bola. Dan di sebelahnya terdapat 4 buah lapangan tenis lapang. Selain itu ada juga GOR Badminton yang berisikan 4 lapangan badminton. Memang lapangan ini tidak gratis. Kita harus sewa ketika ingin pakai. Tapi harganya murah banget kok. Untuk lapangan tenis lapang kita hanya bayar Rp15.000,- selama 2 jam dan lapangan badminton Rp10.000 selama 2 jam. Selain itu jogging track di IPB adalah yang terbaik karena luas dan banyaknya pohon sehingga teduh.
Selain di dalam gym atau gor, IPB juga punya spot-spot olahraga yang terdapat di outdoor, seperti 2 lapangan basket yang bertempat di depan gor, 1 lapangan volly, dan 1 lapangan sepak bola di daerah perumahan dosen. Pokoknya cukup memadai semua fasilitas olahraga ini untuk kita para mahasiswa supaya have fun!

6.      Masjid Al-Huriyyah
Ini adalah masjid kebanggaan IPB. Letaknya berdekatan dengan gor, di seberang lapangan basket. Ini adalah masjid utama kampus IPB. Bangunannya besar dan megah dan terdiri dari 3 lantai. Di depan masjid terdapat asrama untuk apara marbot. Jadi untuk kalian yang ingin mengabdi untuk mengurus masjid Al-Huriyyah akan difasilitasi dengan asrama ini. Di masjid ini juga sering diadakan tabligh akbar dari ustad-ustad besar. Alhamdulillah kegiatan di masjid ini tidak pernah sepi dan selalu bermanfaat J

7.      Wifi
Ini adalah kebutuhan umum masyarakat Indonesia tertuma mahasiswa untuk sekarang ini wkwk. Ditengah era globalisasi dan informasi ini siapa sih yang gak butuh jaringan internet. Nah IPB sudah menyediakan jaringan internet yang lumayan kencang di berbagai sudut-sudut kampus. Dengan bandwith yang selalu bertambah tiap tahunnya kalian tidak akan khawatir harus berebutan untuk wifi ini. Kecepatan internetnya juga sudah up to 100 Mbps di berbagai spot. So bagi kalian yang akhir bulan tapi paket udah habis gak perlu khawait, selama kalian di kampus hp kalian akan connect to internet. Surga banget kan ya hehe

Nah mungkin itu gambaran secara umum fasilitas umum yang bisa kita gunakan sebagai mahasiswa IPB. Tentunya ada fasilitas-fasilitas lainnya yang secara khusus bisa kalian akses sesuai dengan program studi kalian masing-masing, seperti contoh perpustakaan fakultas yang bisa kalian gunakan jika kalian menjadi bagian fakultas tersebut serta berbagai macam laboratorium program studio yang bisa kalian gunakan sesuai dengan program studi kalian masing-masing.

Seperti biasa so masih ragu pilih IPB?? Jangan kelamaan mikir deh! “Saya masih bingung nih, pengen menggali IPB lebih dalam soalnya punya niat ke sana” kalau kalian berpikiran seperti itu boleh tanya-tanya saja di blog ini sebisa mungkin saya akan jawab. “Aduh gak di jawab-jawab nih sama penulis” kalau kejadiannya begitu silahkan hubungi via Line dengan ID rahmadinipayla. Hehe maaf saya juga ada praktikum dan kuliah sana-sini jadi terkadang bisa vakum blog. Thanks before. Semoga bermanfaat 😀

0 komentar:

 
Copyright © Tulisan Online