Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) di IPB



Hallo semua balik lagi dengan saya (hayo lo saya siapa). Kali ini kita akan mengulas sisi lain dari kampus IPB lagi yaitu tentang Organisasi Mahasiswa Daerah atau yang disingkat OMDA. Jadi OMDA itu adalah sebuah organisasi yang berisi mahasiswa dengan asal daerah yang sama. Keren gak tuh! Karena mahasiswa IPB beragam, datang dari berbagai pelosok di Indonesia, dari daerah yang berbeda-beda, jadi biasanya tiap daerah punya organisasi atau himpunan mahasiswa daerah yang berbeda-beda. Bisa itu per provinsi, atau per kabupaten, atau bahkan per kota, tergantung dari jumlah mahasiswanya sih biasanya.
Untuk OMDA provinsi misalnya ada IKPMR (Ikatan Keluarga Mahasiswa Riau) dari Provinsi Riau, IPMM (Ikatan Pelajar Mahasiswa Minang) dari Provinsi Sumatera Barat, IMTR (Ikatan Mahasiswa Tanah Rencong) dari Provinsi Aceh, Kemala (Keluarga Mahasiswa Lampung) dari Provinsi Lampung, Himajatim (Himpunan Mahasiswa Jawa Timur) dari Provinsi Jawa Timur), dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk OMDA kabupaten atau kota biasanya merupakan sub OMDA dari OMDA Provinsi dan itu jumlahnya sangat banyak.

Apa sih gunanya OMDA ini? OMDA sangat berguna sekali, asli! Apalagi untuk kamu mahasiswa daerah yang bukan berasal dari daerah JABODETABEK. Terlebih untuk kamu yang berasal dari luar pulau Jawa OMDA ini sangat membantu kamu untuk tidak kangen rumah. Bayangin kamu bisa berkumpul dengan teman satu daerah, satu watak menurut daerah, satu bahasa, dan satu kebiasaan. Jujur kalau saya sendiri paling bisa tertawa lepas jika berkumpul dengan teman-teman OMDA. Kekeluargaan yang luar biasa yang tidak akan kamu dapatkan di organisasi atau perkumpulan manapun! Dijamin. 

Untuk perlu diketahui daerah seperti Jakarta dan Bogor juga memiliki OMDA, ya namun tidak sesolid OMDA OMDA daerah yang jauh. Mungkin karena bagi mereka yang rumahnya dekat bisa langsung pulang dan berkumpul dengan keluarga jika libur atau weekend, tapi bagi kita yang merantau, apalagi jauh tentu tidaklah mungkin bisa gitu kan hehe. Be strong!!

Nah untuk kalian para siswa kelas 12 SMA atau SMA, ataupun Aliyah yang sederajat, jika ada sosialisasi tentang IPB ke sekolah-sekolah kalian biasanya itu adalah mahasiswa-mahasiswa dari OMDA. Jadi kalau kalian ingin tau daerah kalian punya OMDA di IPB atau tidak salah satunya bisa dilihat dari ada tidaknya sosialisasi ke sekolah atau provinsi tersebut.

Jadi namanya kakak OMDA itu adalah gerbang pertama kita tahu IPB. Berperan sangat besar kan. Kalian bisa tanya-tanya tentang program studi itu biasanya dari kakak OMDA. Selain itu kalian juga bisa minta warisan-warisan buku kuliah atau apapun materi akademik itu dari kakak OMDA. Mereka yang berasal dari daerah jauh biasnya memiliki kedekatan yang tinggi dengan kakak OMDAnya. Jadi beruntunglah kalian yang merantau hehe. Untuk yang mau masuk IPB juga misalkan kalian bingung waktu pertama kali sampai di Bogor, gak tau arah mana ke IPB, gak tau mau nginap di mana dan lain sebagainya, kakak OMDA akan siap membantu kalian! Karena di OMDA ku gitu sih hehe. Jadi kalian gak usah takut dan gak mereka aman dan nyaman selama kuliah di IPB. Karena kita akan saling menjaga sesama di perantauan! (yes, good, yeah)

Mau cerita sedikit nih tentang contoh kebersamaan OMDA. For your information aku asalnya dari Riau, jadi punya OMDA namanya IKPMR, kalau orang-orang IPB sih selalu bilang OMDA RIAU padahal kita kan punya nama, but its oke wkwk. Jadi kalau libur lebaran idul adha itu kan libur dan liburnya hanya sehari. Tentu gak mungkin pulang Riau kan. Nah disini paling seru kalau kumpul OMDA. Kalian bisa ngerasin pulang tanpa harus pulang. Kalau lagi libur lebaran idul adha kita bakal makan-makan, kumpul-kumpul dan bercerita dengan segala macam lawakan yang hanya orang daerah kita yang mengerti. Kalian bisa bicara bebas tanpa perlu takut sopan santun antar daerah. Selain itu pada saat perayaan tahun baru itu juga paling seru kumpul bareng OMDA. Bahkan aku sendiri lebih milih kumpul bareng OMDA daripada teman angkatan sejurusan. Karena memang kumpul OMDA itu seru banget!

Nah di IPB itu juga setiap tahunnya diselenggaran sebuah event Genus atau Gebyar Nusantara. Genus ini pesertanya adalah berbagai OMDA yang ada di IPB. Jadi OMDA ditantang untuk menampilkan kebudayaan dan keunikan masing-masing daerahnya dan menghadirkannya di IPB. Banyak banget mulai dari penampilan kebudayaan, karnaval, putra-putri OMDA, kuliner, stand omda, aransemen lagu daerah, dan setiap tahun selalu mengalami inovasi. Untuk Genus tahun 2016 ini sampai diliput oleh KOMPASTV. Untuk informasi juga OMDA Riau menjadi salah satu penampilan kebudayaan terbaik dan mendapat kehormatan untuk menampilkan penampilan budaya pada malam puncak Genus 2016 yeeey. Nah disini diliat banget kekompakan OMDA kalian, bagaimana kalian bisa membanggakan OMDA kalian dan bagaimana kalian bisa membagi kebudayaan kalian tersebut kepada khalayak ramai. 

Kemeriahan Genus 2016
 






Nih ada lagi hal yang akan kalian rasakan pertama kali datang ke IPB, yaitu kalian akan disambut hangat oleh kakak-kakak OMDA kalian. Kalian belum tau siapa-siapa, belum tau teman sejurusan, belum akrab dengan teman kamar di asrama, tapi kalian akan akrab dengan teman OMDA kalian terlebih dahulu, dan juga dengan kakak-kakak OMDA kalian. Kalian nanti juga akan disambut secara resmi oleh sebuah welcome party (kalau di OMDA Riau gitu hehe, tapi kebanyakan OMDA gitu). Nanti juga akan ada makrab atau malam keakraban OMDA. Tentunya kalian akan betah banget kuliah di IPB!

Seperti biasa so masih ragu pilih IPB?? Jangan kelamaan mikir deh! “Saya masih bingung nih, pengen menggali IPB lebih dalam soalnya punya niat ke sana” kalau kalian berpikiran seperti itu boleh tanya-tanya saja di blog ini sebisa mungkin saya akan jawab. “Aduh gak di jawab-jawab nih sama penulis” kalau kejadiannya begitu silahkan hubungi via Line dengan ID rahmadinipayla. Hehe maaf saya juga ada praktikum dan kuliah sana-sini jadi terkadang bisa vakum blog. Thanks before. Semoga bermanfaat😀

0 komentar:

 
Copyright © Tulisan Online